Senin, 16 September 2013

Sekda Buka Manasik Haji di Meulaboh


Meulaboh-KemenagNews, Kamis (12/9/2013) Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat Drs. H. Bukhari, MM atas nama Bupati Kab. Aceh Barat membuka secara resmi manasik haji Kabupaten Se Aceh Barat. Dalam kesempatan tersebut, dia berpesan agar calon jemaah haji asal Aceh Barat menjaga kekompakan dan nama baik daerah serta terus harus menjaga kesehatan dan kekuatan fisik agar nantinya di tanah suci bisa lebih sehat dan tidak terganggu dalam melaksanakan ibadah. selain diperlukannya ilmu untuk melaksanakan ibadah haji, namun, paling utama adalah niat melaksanakan ibadah haji.
Selain itu, 4 hal harus tetap dijaga dan diperhatikan seluruh CJH yakni, menjaga kesehatan karena aktifitas haji banyak bergerak,jaga makanan, jaga hablum minannas dengan meminta maaf dengan kaum family juga tidak perbanyak dosa lagi seperti mengumpat hal hal terkait serhari-hari.
Pembukaan digelar, Kamis (12/9/13) di Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, yang ikut dihadri oleh beberapa orang pejabat dari setdakab Aceh Barat, CJH Kabupaten Aceh Barat tergabung dalam kloter 5 diikuti 164 calon jemaah haji.
Menurut Menurut Kasi PHU Kankemenag Kab. Aceh Barat Drs. H. Jakfar kegiatan manasik ini akan dilaksanakan yang akan dilaksanakan dari tanggal 12 s/d 16 September 2013 dan menghadirkan beberapa orang pemateri yang akan memaparkan beberapa materi diantaranya kebijakan pemerintah tentang perhajian, pembagian kelompok, ilmu manasik haji, dan praktek.
Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Barat Drs. H. M. Arif Idris, MA selaku Ketua Panitia Pelaksana dan Kepala Staf Haji Kabupaten Aceh Barat, menyampaikan bahwa kegiatan manasik haji ini adalah merupakan rangkaian dari kegiatan manasik haji sebelumnya yang telah dilaksanakan di tingkat Kecamatan.
Tujuan kegiatan ini dilksanakan agar jamaah calon haji Kab. Aceh Barat dapat menjadi haji yang mandiri yakni jamaah haji yang dapat memahami dan melaksanakan ibadah haji secara benar menurut tuntunan petunjuk dari Kementerian Agama.
Kakankemenag menyingung akibat kebijakan Pemerintah Arab Saudi katanya, terjadi pengurangan 20 persen calon jemaah haji. tentu berimbas kepada seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Aceh. yang terjadi ditunda keberangkatannya, diakibatkan pengurangan 20 persen. “Kita harap dengan manasik haji ini dapat memantapkan rukun-rukun haji pada Jamaah serta berguna nanti saat berada di tanah suci,” tutup H. M. Arif Idris. [Jufrizal]
[Keterangan Foto : Sekda Kabupaten Aceh Barat Drs. H. Bukhari, MM di dampinggi Kakankemenag Aceh Barat Drs. H. M. Arif Idris, MA, saat menyematkan tanda pengenal pada Karu. Karom Kab. Aceh Barat di Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar