Senin, 16 September 2013

Manasik Haji di Kemenag Aceh Barat

 

Meulaboh-KemenagNews, Ahad (15/9/2013) Kegiatan pembinaan manasik haji yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Kab. Aceh Barat yang masuk pada hari ketiga melaksanakan praktek perjalanan haji ke tanah suci (15/9).
Materi bimbingan yang diberikan selama beberapa hari yang lalu adalah bimbingan Fiqih Haji, Hikmah Haji, Doa-doa Haji, Panduan Perjalanan Ibadah Haji, Kesehatan Haji, pada hari ketiga ini masuk pada Teori dan Praktek Manasik.
Menurut pemantauan kontributor tanggapan peserta sangat baik terlihat selama mengikuti bimbingan peserta begitu semangat disamping banyak mengajukan pertanyaan yang
berhubungan dengan perjalanan ziarah ke tanah suci mulai dari keberangkatan, apa yang akan dibuat, menanyakan tempat, arti dan makna simbol-simbol tertentu hingga mereka kembali ke tanah air.

Hadir sebagai narasumber materi Teori dan Praktek Perjalanan Haji yang juga banyak membagikan pengalamannya kepada para calon jemaah haji diantaranya Ust.H. Kamil Syafruddin, Lc dan H. Darianus Ibnu Hajar Nasution, S.Pd.I, latihan manasik di pusat di beberapa titik dalam kota meulaboh, mulai dari mesjid agung meulaboh, dan Kembali lagi ke komplek masjid. Dalam arahannya sebelum melatih para peserta kegiatan baliau mengajak peserta untuk mengikuti secara serius.
Dalam melaksanakan tawaf dianjurkan agar tidak berdesak-desakan dan tidak memaksakan diri untuk mencium Hajar Aswad, sebab mencium Hajar Aswad bukan merupakan hukum maupun wajib haji, tetapi merupakan suatu sunah.
Demikian pun saat solat duarakaat di hijir Ismail sering terjadi kecelakaan karena banyak jemaah haji yang berdesakan, sehingga latihan dengan latihan ini diharapkan untuk JCH sedikit bisa menjadikan latihan ini untuk di tanah suci nantinya. (Jufrizal/y)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar