Rabu, 28 Agustus 2013

7 Tips Agar Bisa Membangun dan Menumbuhkan Semangat Kerja Anda


Meulaboh-KemenagNews (27/8/2013)
Apa kabar? Dari kawan, alumni Workshop Jurnalistik lalu (20-23/8) yang digelar Subbga Inmas Kanwil Kemenag Aceh di Sulthan Hotel, berikut ada 7 tips agar bisa membangun dan menumbuhkan semangat kerja kita, anda dan kami.

Dalam bekerja, hampir setiap orang mendambakan memperoleh jabatan yang tinggi. Namun demikian seringkali dijumpai seseorang yang mendapat semangat kerja yang terus bias memacu suatu pekerjaan menjadi baik, tidak sedikit yang kita lihat banyak dari kita tidak bias membagun semagat kerja tersebut sehingga kinerjanya menjadi turun dan bahkan lebih buruk dari pada sebelumnya. Permasalahan yang seringkali dialami lebih pada kemampuan anda untuk membangun semangat kerja. Artinya anda yang tidak siap ketika diberikan tanggungjawab membimbing, melatih, memotivasi dan menilai kinerja pekerjaan yang anda lakukan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, apa saja yang harus diperhatikan oleh anda dalam membangun semangat kerja. Berikut Beberapa Tips di bawah ini mungkin dapat dijadikan pertimbangan jika anda mengalami masalah tersebut.

1. Review ulang bagaimana pekerjaan anda.
Anda bisa cek kembali sampai dimana ACTION yang sudah anda kerjakan. Bagaimana aktivitas anda sebelumnya. Sampai dimana pencapaian anda sebelum masa liburan kemarin. Dan lihat kembali visi anda ke depan. Kemana akan anda arahkan ACTION-ACTION anda selama ini dan nanti untuk mencapai target anda.

2. Rapikan tempat kerja anda.
Pastikan tempat kerja anda kembali rapi seperti sebelumnya. Letakkan berbagai peralatan kerja yang dibutuhkan di tempat yang paling tepat menurut anda. Buat ruang kerja senyaman mungkin. Dengan demikian diharapkan ini akan membantu membangun semangat kerja anda.

3. Rencanakan apa yang harus segera di-ACTION-kan.
Anda lihat ulang apa saja yang harus segera dilanjutkan untuk ACTION. Ini hubungannya dengan membuat prioritas kerja. Anda urutkan ACTION apa yang mesti dikerjakan pertama, kedua, dan seterusnya.

4. Bangun kembali suasana kerja.
Mulai hari anda dengan melakukan hal yang biasanya menumbuhkan semangat kerja. Mungkin anda perlu mendengarkan musik terlebih dahulu sebelum mulai kerja. Atau mungkin dengan berdoa terlebih dahulu. Mungkin juga dengan memimun teh/kopi untuk menghangatkan badan. Pada intinya, anda perlu membangun situasi kerja seperti sebelumnya agar semangat kerja anda kembali tumbuh.

5. Sapa rekan kerja.
Sapa dan jabat tangan rekan kerja anda. Bangun kembali hubungan untuk mencapai tujuan bersama. Boleh juga anda saling sharing bagaimana liburan anda kemarin. Betapa menyenangkannya liburan yang sudah anda lewatkan. Ceritakan pengalaman lucu yang terjadi. Ini akan menumbuhkan chemistry kerja anda bersama rekan-rekan anda.

6. Selesaikan pekerjaan.
Prioritas kerja yang anda lakukan bisa mulai anda kerjakan. Kerjakan perlahan sampai anda kembali menemukan ritme kerja anda. Kemudian percepat ACTION anda untuk meraih banyak “kemenangan” sesegera mungkin dengan menyelesaikan tugas anda. Pasti, semangat kerja anda akan kembali tumbuh.

7. Istirahat dan rayakan.
Setelah tugas-tugas di hari pertama kerja berhasil anda kerjakan dengan baik, jangan lupa beristirahat. Rayakan keberhasilan anda kembali on the track seperti sebelumnya. Perayaan kecil seperti makan bersama rekan kerja mungkin bisa menjadi pilihan.

Semoga tips menumbuhkan semangat kerja ini bermanfaat bagi anda semua. Tetap semangat tiap hari di tempat kerja. Salam ACTION! [Jufrizal]

[Keterangan Foto : Penulis ( kemeja putih ) saat mengikuti Workshop Jurnalistik Kanwil Kemenag Aceh, beberapa hari yang lalu/y].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar